Rabu, 04 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah : SMA Negeri I Remboken Mata Pelajaran : Biologi Kelas / Semester : XI / 1 Pertemuan : 1 dan 2 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas. Kompetensi Dasar : 3.1. Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia. Indikator : 1.Mendiskripsikan macam-macam tulang berdasarkan struktur dan sifatnya. 2.Mendeskripsikan struktur rangka manusia. 3.Mendeskripsikan macam-macam persendian pada manusia. 4.Mengidentifikasi kelainan pada sistem gerak pada manusia. I.Tujuan •Menjelaskan fungsi tulang berdasarkan struktur dan sifatnya. •Menjelaskan macam-macam tulang. •Menjelaskan proses pembentukan tulang. •Menjelaskan macam-macam persendian dan penyebab gerakan dari tiap pesendian. •menunjukkan nama-nama tulang dan persendian dengan menggunakan torso. •Menjelaskan ganguan/penyakit pada rangka, tulang dan persendian. II.Materi pelajaran Materi pokok : Sistem gerak Sub materi : sistem rangka III.Metode pengajaran •Demostrasi •Ceramah bervariasi IV.Langkah-langka pembelajaran 1.Pertemuan I (2x45 menit) A.Kegiatan awal 10 menit •Memeriksa keadaan siswa dan absensi •Menyampaikan tujuan pembelajaran tetang materi sistem gerak. •Menarik perhatian dan minat siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan, misalnya: Bila siswa melakukan pindah tempat, apakah termasuk gerak? B.Kegiatan inti 70 menit •Menjelaskan dan mendemonstrasikan struktur rangka pada manusia dengan menggunakan torso. •Menjelaskan dan mendemonstrasikan rangka aksial dan apendikular pada manusia. •Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membedakan rangka aksial dan apendikular pada manusia. •Menjelaskan dan menunjukan macam-macam tulang pada manusia dengan menggunakan torso. •Menjelaskan proses pembentukan tulang. •Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menujukan macam-macam tulang serta menanyakan hal-hal yang belum dipahami. C.Kegiatan akhir 10 menit •Membimbing siswa untuk merangkum/menyimpulkan materi yang telah di pelajari. •Memberikan motivasi kepada siswa •Memberikan tidak lanjut, berupa tugas untuk mencari informasi dari berbagai literatur tetang struktur rangka, dan macam-macam tulang pada manusia. 2.Pertemuan II (2x45 menit) A.Kegiatan awal 15 menit •Memeriksa keadaan siswa, absensi dan mengumpulkan tugas pada pertemuan sebelumnya. •Meninjau kembali materi sebelumnya tentang rangka dan tulang pada manusia untuk masuk pada materi selanjutnya tetang persendian dan gangguan/penyakit pada rangka, tulang dan persendian. •Menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada materi yang akan dipelajari. B.Kegiatan inti 65 menit •Menjelaskan dan menujukkan macam-macam persendian •Mendemonstrasikan berbagai gerak yang dihasilkan dari macam-macam persendian. •Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendemonstrasikan penyebab gerakan dari macam-macam persendian. •Menjelaskan dan mendemonstrasikan berbagai ganguan/penyakit yang terdapat pada rangka, tulang, dan persendian. •Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas. C.Kegiatan akhir 10 menit •Membimbing siswa untuk merangkum/menyimpulkan materi yang telah dipelajari. •Memberikan motivasi kepada siswa •Memberikan evaluasi pada siklus ini, kepada siswa mengenai materi rangka, tulang dan persendian pada manusia. V.Media pembelajaran Alat/bahan : alat tulis menulis, torso, gambar otot Sumber belajar :  Riandari, H. 2007, BIOLOGI 2 untuk kelas XI SMA dan MA ; Tiga Serangkai.  Sudjadi, B & Laila, S. 2005. BIOLOGI 2A untuk SMA kelas XI ;Yudistira. VI. Penilaian • Evaluasi (post-test)
( RPP ) Nama Sekolah : SMA Negeri I Remboken Mata Pelajaran : Biologi Kelas / Semester : XI / 1 Pertemuan : 1 dan 2 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit Standar Kompetensi : 2. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas. Kompetensi Dasar : 2.1. Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia. Indikator : 1. Mendiskripsikan macam-macam tulang berdasarkan struktur dan sifatnya. 2. Mendeskripsikan struktur rangka manusia. 3. Mendeskripsikan macam-macam persendian pada manusia. 4. Mengidentifikasi kelainan pada sistem gerak pada manusia. I. Tujuan • Menjelaskan fungsi tulang berdasarkan struktur dan sifatnya. • Menjelaskan macam-macam tulang. • Menjelaskan proses pembentukan tulang. • Menjelaskan macam-macam persendian dan penyebab gerakan dari tiap pesendian. • menunjukkan nama-nama tulang dan persendian dengan menggunakan torso. • Menjelaskan ganguan/penyakit pada rangka, tulang dan persendian. II. Materi pelajaran Materi pokok : Sistem gerak Sub materi : sistem rangka III. Metode pengajaran • Demostrasi • Ceramah bervariasi IV. Langkah-langka pembelajaran 1. Pertemuan I (2x45 menit) A. Kegiatan awal 10 menit • Memeriksa keadaan siswa dan absensi • Menyampaikan tujuan pembelajaran tetang materi sistem gerak. • Menarik perhatian dan minat siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan, misalnya: Bila siswa melakukan pindah tempat, apakah termasuk gerak? B. Kegiatan inti 70 menit • Menjelaskan dan mendemonstrasikan struktur rangka pada manusia dengan menggunakan torso. • Menjelaskan dan mendemonstrasikan rangka aksial dan apendikular pada manusia. • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membedakan rangka aksial dan apendikular pada manusia. • Menjelaskan dan menunjukan macam-macam tulang pada manusia dengan menggunakan torso. • Menjelaskan proses pembentukan tulang. • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menujukan macam-macam tulang serta menanyakan hal-hal yang belum dipahami. C. Kegiatan akhir 10 menit • Membimbing siswa untuk merangkum/menyimpulkan materi yang telah di pelajari. • Memberikan motivasi kepada siswa • Memberikan tidak lanjut, berupa tugas untuk mencari informasi dari berbagai literatur tetang struktur rangka, dan macam-macam tulang pada manusia. 2. Pertemuan II (2x45 menit) A. Kegiatan awal 15 menit • Memeriksa keadaan siswa, absensi dan mengumpulkan tugas pada pertemuan sebelumnya. • Meninjau kembali materi sebelumnya tentang rangka dan tulang pada manusia untuk masuk pada materi selanjutnya tetang persendian dan gangguan/penyakit pada rangka, tulang dan persendian. • Menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada materi yang akan dipelajari. B. Kegiatan inti 65 menit • Menjelaskan dan menujukkan macam-macam persendian • Mendemonstrasikan berbagai gerak yang dihasilkan dari macam-macam persendian. • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendemonstrasikan penyebab gerakan dari macam-macam persendian. • Menjelaskan dan mendemonstrasikan berbagai ganguan/penyakit yang terdapat pada rangka, tulang, dan persendian. • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas. C. Kegiatan akhir 10 menit • Membimbing siswa untuk merangkum/menyimpulkan materi yang telah dipelajari. • Memberikan motivasi kepada siswa • Memberikan evaluasi pada siklus ini, kepada siswa mengenai materi rangka, tulang dan persendian pada manusia. V. Media pembelajaran Alat/bahan : alat tulis menulis, torso, gambar otot Sumber belajar :  Riandari, H. 2007, BIOLOGI 2 untuk kelas XI SMA dan MA ; Tiga Serangkai.  Sudjadi, B & Laila, S. 2005. BIOLOGI 2A untuk SMA kelas XI ;Yudistira. VI. Penilaian • Evaluasi (post-test)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA Negeri I Remboken
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar : 3.1. Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
Indikator :
1.Mendiskripsikan macam-macam tulang berdasarkan struktur dan sifatnya.
2.Mendeskripsikan struktur rangka manusia.
3.Mendeskripsikan macam-macam persendian pada manusia.
4.Mengidentifikasi kelainan pada sistem gerak pada manusia.

I.Tujuan
•Menjelaskan fungsi tulang berdasarkan struktur dan sifatnya.
•Menjelaskan macam-macam tulang.
•Menjelaskan proses pembentukan tulang.
•Menjelaskan macam-macam persendian dan penyebab gerakan dari tiap pesendian.
•menunjukkan nama-nama tulang dan persendian dengan menggunakan torso.
•Menjelaskan ganguan/penyakit pada rangka, tulang dan persendian.

II.Materi pelajaran
Materi pokok : Sistem gerak
Sub materi : sistem rangka

III.Metode pengajaran
•Demostrasi
•Ceramah bervariasi

IV.Langkah-langka pembelajaran
1.Pertemuan I (2x45 menit)
A.Kegiatan awal 10 menit
•Memeriksa keadaan siswa dan absensi
•Menyampaikan tujuan pembelajaran tetang materi sistem gerak.
•Menarik perhatian dan minat siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan, misalnya: Bila siswa melakukan pindah tempat, apakah termasuk gerak?

B.Kegiatan inti 70 menit
•Menjelaskan dan mendemonstrasikan struktur rangka pada manusia dengan menggunakan torso.
•Menjelaskan dan mendemonstrasikan rangka aksial dan apendikular pada manusia.
•Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membedakan rangka aksial dan apendikular pada manusia.
•Menjelaskan dan menunjukan macam-macam tulang pada manusia dengan menggunakan torso.
•Menjelaskan proses pembentukan tulang.
•Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menujukan macam-macam tulang serta menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

C.Kegiatan akhir 10 menit
•Membimbing siswa untuk merangkum/menyimpulkan materi yang telah di pelajari.
•Memberikan motivasi kepada siswa
•Memberikan tidak lanjut, berupa tugas untuk mencari informasi dari berbagai literatur tetang struktur rangka, dan macam-macam tulang pada manusia.

2.Pertemuan II (2x45 menit)
A.Kegiatan awal 15 menit
•Memeriksa keadaan siswa, absensi dan mengumpulkan tugas pada pertemuan sebelumnya.
•Meninjau kembali materi sebelumnya tentang rangka dan tulang pada manusia untuk masuk pada materi selanjutnya tetang persendian dan gangguan/penyakit pada rangka, tulang dan persendian.
•Menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada materi yang akan dipelajari.

B.Kegiatan inti 65 menit
•Menjelaskan dan menujukkan macam-macam persendian
•Mendemonstrasikan berbagai gerak yang dihasilkan dari macam-macam persendian.
•Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendemonstrasikan penyebab gerakan dari macam-macam persendian.
•Menjelaskan dan mendemonstrasikan berbagai ganguan/penyakit yang terdapat pada rangka, tulang, dan persendian.
•Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas.

C.Kegiatan akhir 10 menit
•Membimbing siswa untuk merangkum/menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
•Memberikan motivasi kepada siswa
•Memberikan evaluasi pada siklus ini, kepada siswa mengenai materi rangka, tulang dan persendian pada manusia.

V.Media pembelajaran
Alat/bahan : alat tulis menulis, torso, gambar otot
Sumber belajar :
 Riandari, H. 2007, BIOLOGI 2 untuk kelas XI SMA dan MA ; Tiga Serangkai.
 Sudjadi, B & Laila, S. 2005. BIOLOGI 2A untuk SMA kelas XI ;Yudistira.


VI. Penilaian
• Evaluasi (post-test)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar